SCRATCH VOLUME TABUNG

 BEKERJA DENGAN SUBPROGRAM

MENGHITUNG VOLUME TABUNG

Oleh: Jeane Nisya N


Menerapkan Subprogram di Scratch

        Subprogram adalah hasil pemecahan dari program yang terdiri atas kumpulan blok perintah yang terpisah dari blok perintah utama.

        Pada pemrograman menggunakan pemrograman visual seperti scratch, dengan kode-kode program terdiri atas kumpulan blok perintah, subprogram akan terdiri atas kumpulan blok perintah yang terpisah dari blok perintah utama. 

        Salah satu cara agar bagian utama dan subprogram dapat berkomunikasi adalah dengan metode pengiriman pesan. Jika subprogram menerima pesan tersebut, subprogram tersebut akan dijalankan sesuai pesan yang diterimanya. Program utama dapat mengirimkan pesan kepada banyak subprogram dan semua subprogram yang menerima pesan tersebut akan dijalankan bersama-sama. 

        Hal ini memberikan kemudahan bagi para programmer. Ketika membuat suatu program game dengan banyak sprite yang berinteraksi bersama-sama, sprite tersebuut dapat dijalankan secara bersamaan. Untuk menghubungkan program utama dan subprogram akan digunakan mekanisme pengiriman pesan.


Hasil Pemrograman Penghitungan Volume Tabung




Hasil Pemrograman Jika di Jalankan



Link Video: https://drive.google.com/file/d/17nOdEdI_k0PmqPgnvRFU5h8GR1zuAek5/view?usp=share_link

Posting Komentar

0 Komentar